8 Pertanyaan Jebakan Saat Tes Wawancara

Beautiful Day Blog | 8 Pertanyaan Jebakan Saat Tes Wawancara |

Ini satu lagi tips yang mungkin bermanfaat bagi pembaca sekalian ketika melakukan tes wawancara pekerjaan. Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin sederhana namun cukup mempengaruhi kesimpulan akhir bagi pewawancara. Berikut beberapa pertanyaan 'jebakan" yang sering dilontarkan pewawancara dan tips untuk menjawabnya.

1. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda? 
Uraikan dengan singkat dan jelaskan kelebihan yang anda miliki, kualifikasi apa yang akan Anda sumbangkan bagi perusahaan tersebut. Hati-hati jangan memberikan jawaban yang terlalu umum. Hampir setiap orang mengatakan mereka merupakan seorang pekerja keras dan memiliki motivasi. Berikanlah jawaban yang memperlihatkan keunikan yang Anda miliki.

2.Mengapa tertarik bekerja di perusahaan ini? 
Jangan pernah datang untuk sebuah wawancara pekerjaan tanpa mengetahui latar belakang perusahaan. Karena dengan memiliki informasi yang cukup mengenai latar belakang perusahaan tersebut maka pertanyaan di atas memberikan kesempatan kepada Anda untuk memperlihatkan inisiatif, dan menunjukkan apakah pengalaman serta kualifikasi yang Anda miliki sepadan dengan posisi yang diperlukan.

3. Apa kelemahan utama Anda?
Rahasia dalam menjawab pertanyaan di atas adalah dengan mengatakan kelemahan yang Anda miliki secara jujur tetapi jangan lupa untuk memperlihatkan bagaimana Anda dapat mengubah kelemahan itu menjadi kelebihan.

4.Mengapa berhenti dari perusahaan terdahulu? 
Walaupun Anda berhenti dari pekerjaan terdahulu dengan cara yang tidak baik, Anda harus berhati-hati dalam memberikan jawaban. Usahakan untuk memberikan jawaban yang diplomatis. Bila Anda memberikan jawaban yang mengandung aspek negatif, kompensasikan jawban tadi dengan jawaban yang positif.

5. Bagaimana Anda mengatasi masalah?
Tidak mudah memberikan jawaban bila Anda mendapatkan pertanyaan seperti di atas, terutama bila Anda baru lulus dan tidak memiliki pengalaman kerja. Maka solusinya adalah, gambarkan langkah-langkah yang Anda lakukan dalam memprioritaskan pekerjaan. Hal ini memperlihatkan bahwa Anda bertanggung jawab dan tetap dapat berpikir jernih walaupun sedang menhadapi masalah.

6. Prestasi apa yang dibanggakan?
Rahasia dari pertanyaan di atas adalah dengan menyeleksi dan memilih secara spesifik prestasi yang berhubungan dengan posisi yang ditawarkan. Kembangkan contoh yang memperlihatkan bagaiman Anda dapat memenuhi kebutuhan perusahaan.

7. Berapa gaji yang Anda harapkan?
Pertanyaan ini merupakan pertanyaan tersulit, terutama bagi mereka yang tidak memilki pengalaman kerja yang cukup. Yang perlu Anda lakukan sebelum wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar Anda dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Beritahu pewawancara bahwa Anda terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Bila terpaksa, berikan jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu.

8. Ceritakan mengenai diri Anda.
Mungkin pertanyaan di atas tampaknya mudah, tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Dalam pertanyaan ini, pewawancara berusaha mengetahui Anda secara profesional. Siapkan dua atau tiga poin mengenai diri Anda, baik pengalaman kerja maupun pengalaman kerja maupun sasaran karier Anda dan tetap konsisten. Rangkum jawaban Anda dengan mengungkapkan keinginan Anda sebagai bagian dari perusahaan tersebut. Bila memiliki jawaban yang mantap maka hal ini dapat membawa Anda pada pembicaraan yang memperlihatkan klasifikasi Anda.

Semoga berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian .....

Source: ernaencekz.wordpress.com

1 komentar: