Google Instant, Mesin Pencari Super Cepat

Beautiful Day Blog | Google Instant, Mesin Pencari Super Cepat |


Mau pencarian informasi yang lebih gesit? Coba Google Instant. Hasil pencarian ditampilkan lebih cepat dari kedipan mata!

Teknologi search yang diperkenalkan Google hari Rabu lalu ini kabarnya lebih gesit daripada metode auto-complete suggestion yang sudah diterapkan Google saat ini. Marissa Mayer (VP Search & User Experience, Google) bahkan berani menyebut teknologi anyar ini sebagai sebuah quantum leap dalam teknologi mesin pencari.

Dengan auto-complete suggestion, ketika pengguna akan mengetikkan, misalnya kata W-E-A-T-H-E-R, kotak pencarian akan menyarankan kata “weather' begitu pengguna mengetik W-E. Nah Google Instant akan memerlihatkan hasil pencarian selagi pengguna mengetik. Dalam demo yang dilakukan saat peluncuran Instant, hasil pencarian tentang “weather” sudah terpampang saat pengguna baru mengetikkan huruf W.

Fitur lain yang disuguhkan Google Instant adalah Scroll to Search. Ketika pengguna mengetikkan kata kunci pencarian, sebuah auto-fill suggestion muncul di sebelah kanan lengkap dengan menu drop down berisi saran (suggestion) lainnya.

Diluncurkan secara internasional, Google membenamkan Instant dalam 4 browser paling populer: Internet Explorer 8, Firefox, Chrome, dan Safari. Awal tahun depan, Google juga berencana versi mobile dari Instant. Menurut Marissa Mayer, teknologi Instant juga akan tersedia di platform Google lainnya, termasuk Google Appliance untuk enterprise tahun 2011.

Untuk menopang teknologi Instant, para pakar Google mengembangkan sebuah teknik caching canggih. Teknik caching tersebut dapat menerima dan mengelola milyaran informasi yang akan digunakan untuk mengantisipasi dan memampangkan hasil pencarian dalam sekejap.

Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar