Wisata Rejang Lebong - Bengkulu

Beautiful Day Blog | Wisata Rejang Lebong - Bengkulu |

1. Objek Wisata Suban Air panas. Objek Wisata Suban Air panas merupakan obyek wisata alam yang sudah lama diminati masyarakat Bengkulu, Kelebihan objek wisata ini sangatlah banyak, itu dikarenakan objek wisata ini menawarkan berbagai keunikan di dalamnya. Obyek wisata ini masih terus dikembangkan dan ditata dengan baik sehingga mampu menarik wisatawan mancanegara.

Obyek wisata ini terletak + 6 km dari Kota Curup. Selain merupakan tempat rekreasi yang menyenangkan, air panas di obyek wisata ini dipercaya berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.

Dilokasi ini juga terdapat air terjun yang indah dengan ketinggian + 90 m dengan air yang jernih dan dingin.

Selain itu terdapat pula batu yang dianggap keramat yang diberi nama Batu Menangis oleh masyarakat setempat.
Konon mitosnya orang-orang tertentu membawa sejumlah hewan peliharaan dan memotongnya untuk mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

Jumlah pengunjung ke obyek wisata Suban Air panas ini mencapai + 7500 orang/bulan dan untuk menuju obyek wisata alam Suban Air Panas tersebut tidaklah sulit karena jaraknya + 3 km dari jalan Negara, maka lokasi dapat dengan mudah diakses menggunakan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4.

Obyek wisata alam Suban Air Panas ini merupakan wisata unggulan di Propinsi Bengkulu pada umumnya dan Kabupaten Rejang Lebong pada khususnya. 

2. Bukit Kaba. Objek Wisata Alam Bukit kaba merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati.Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki terlebih dahulu menuju Kota Kabupa Bengkulu sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaiten Rejang Lebong - Curup.

Untuk ke Curup dapat dicapai dari barattu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.

Dari Curup menuju ke kampung bukit kaba dan berkemah di desa Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.

Pendakian menuju ke puncak sampai di pematang durian dari sumber urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan, namun saat ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.
Dari pematang durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. Dimana dalam perjalanan menuju puncak bukit kaba ini terdapat banyak panorama alam dan perkebunan sayuran milik warga yang membentang luas di kaki bukit kaba.

Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Sumber mata air panas di Air Meles (lereng barat daya) dan di Air Sempiang (lereng selatan) juga merupakan tempat-tempat yang potensial bagi wisata gunung api di Kabupaten Rejang Lebong.

3. Air Terjun Kepala Curup. Objek Wisata Air Terjun Kepala Curup, Daya tarik yang dimiliki objek wisata ini berupa air terjun dengan ketinggian 100 meter serta memiliki keindahan pemandangan alam dan udara sejuk dan asri. Selain menikmati keindahan alam, kita juga dapat melihat jenis flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bunga Rafflesia. Lokasi obyek wisata terletak 29 km dari kota Curup Atau sekitar 80 km dari Ibu kota Bengkulu.

4. Danau Mas (Danau Harus Bastari). Danau Harun Bastari ini adalah salah satu danau yang ada di kabupaten Rejang Lebong, 18 km dari kota Curup ke arah Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Nama danau ini diambil dari nama gubernur Sumatera Selatan, sewaktu kabupaten Rejang Lebong masih masuk propinsi Sumatera Selatan.

Pemandangan indah danau ini menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun dari luar kota. Masih di kawasan tersebut terdapat pula bangkai pesawat yang dijadikan benda sejarah perlawanan masa penjajahan warga Rejang lebong.

5. Air Terjun Sindang Kelingi. Objek Wisata Air terjun sindang kelingi,air terjun yang cukup tinggi berada di desa sindang jati,air terjun ini masih alami dan memiliki sisi tebing yang sangat curam pada bagian kiri dan kanannya.

Untuk menjangkau daerah ini tidak begitu sulit karena lokasinya tepat berada di pinggir jalan, namun untuk mencapai dasar dari air terjun ini sangatlah sukar karena tidak ada jalan menuju ke dasar air terjun tersebut,kita harus menelusuri puing-puing sisa bangunan belanda, yang mana jalan tersebut sangat curam dan licin.

6. Perkebunan Teh Bukit Daun. Pemandangan yang indah di kaki Bukit Daun cukuplah mengesankan. Hijaunya hamparan daun teh yang memberikan pesona baru kawasan Bukit Daun menambah eksotiknya kawasan ini. Terletak di Kecamatan Bermani Ulu, tidak jauh dari Kampung Melayu (Ibukota Kecamatan). Jaraknya kira-kira 5 km dari Kampung Melayu dan sekitar 25 km dari Kota Curup.

Dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga memudahkan wisatawan yang ingin menikmati sejuknya udara pegunungan. Disekitar kawasan perkebunan teh kita akan menjumpai sentra produksi komoditas pertanian berupa sayur-sayuran yang dikelola oleh masyarakat.

7. Objek Wisata Diobagotte. Objek Taman wisata Diobagotte ini terletak 4 km dari pusat kota Curup. Tempat wisata yang cukup representatif ini, memiliki beberapa sarana antara lain kolam pemancingan, kolam renang, kolam air panas, mandi uap, dan memiliki koleksi binatang antara lain beruang, gajah, berbagai jenis burung, kuda, kera, monyet kura-kura, biawak, dan lain sebaginya. Juga terdapat sarana bermain anak-anak, motor anak, dan lain-lain.

8. Lubuk Beso. Objek Wisata Lubuk Beso kalau diterjemahkan dari bahasa Lembak, berarti Lubuk Besar. Terletak di desa Apur, 3 km dari Kepala Curup-Rejang Lebong. Di sini kita dapat menikmati pemandangan alam sambil memancing ikan di lubuk ini.

9. Danau Tes. Objek Wisata Danau Tes merupakan tempat wisata sekaligus menjadi Pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Bengkulu.

Luas objek wisata Danau Tes 750 Ha jarak tempuh-nya 25 km dari ibu kota kabupaten dapat di tempuh dengan kendaraan umum, Danau Tes telah tersentuh oleh Penataan Pembangunan.

Source:

1 komentar: