10 Pembelajaran Dari Martin Luther King Jr

Beautiful Day Blog | 10 Pembelajaran Dari Martin Luther King Jr | Luangkan sedikit waktumu untuk belajar dari seorang Martin Luther King dan sekilas kehidupannya yang menakjubkan.


1. Kadang-kadang hal-hal tidak selalu berjalan seperti yang direncanakan
Pidato “I Have a Dream” disampaikan di tangga Lincoln Memorial dalam acara protes terbesar di Washington dan pidatonya dikenang dunia sejak itu.

2. Minat sangat penting
“I submit to you that if a man hasn’t discovered something that he will die for, he isn’t fit to live.”

“Menurutku jika seseorang belum menemukan sesuatu yang dapat membuat ia rela mengorbankan jiwanya, maka ia belum berhak untuk hidup.”

3. Kita melakukan semua ini bersama-sama
“Whatever affects one directly, affects all indirectly. I can never be what I ought to be until you are what you ought to be. This is the interrelated structure of reality.”

“Apapun yang mempengaruhi seseorang secara langsung akan mempengaruhi semua orang secara tidak langsung. Saya tidak bisa menjadi orang seperti semestinya sebelum Anda menjadi orang seperti semestinya. Ini adalah struktur interelasi dari dunia nyata.”

4. Tidak semuanya adalah tentangmu
“An individual has not started living until he can rise above the narrow confines of his individualistic concerns to the broader concerns of all humanity.”

“Seseorang belum benar-benar hidup selama ia hanya memikirkan tentang masalah pribadinya dan belum memikirkan tentang masalah-masalah lebih luas yang dihadapi seluruh umat manusia.”

5. Kamu harus siap untuk berdiri tegak untuk meraih cita-citamu
Sebuah langkah kecil yang menjadi tonggak penting dalam gerakan Hak Sipil. King memimpin kampanye yang mengakhiri segregasi rasial di Montgomery, AL.

6. Kekerasan Bukan Jawaban
“We who engage in nonviolent direct action are not the creators of tension. We merely bring to the surface the hidden tension that is already alive.”

“Kami yang melakukan aksi damai bukanlah yang menciptakan ketegangan. Kami hanya mengangkat kepermukaan ketegangan tersembunyi yang sudah ada.”

King benar-benar yakin bahwa keadilan dan kesetaraan ras akan berhasil dicapai dengan perjuangan tanpa kekerasan.

7. Cinta, pada kenyataannya, adalah jawaban
“Darkness cannot drive out darkness; only light can do that. Hate cannot drive out hate; only love can do that.”

“Kegelapan tidak bisa mengusir kegelapan; hanya cahaya yang bisa melakukannya. Kebencian tidak bisa mengusir kebencian; hanya cinta yang bisa melakukannya.”

8. Perhatikan. Berdiri dan lakukanlah sesuatu!
“Change does not roll in on the wheels of inevitability, but comes through continuous struggle. And so we must straighten our backs and work for our freedom. A man can’t ride you unless your back is bent.”

“Perubahan tidak bergulir secara pasti seperti roda, namun datang karena perjuangan yang terus berlanjut. Oleh karena itu kita harus berdiri tegak dan berkerja keras untuk kebebasan kita. Tidak ada yang bisa menunggangi Anda kecuali punggung Anda sedang membungkuk.”

King tidak hanya berdedikasi untuk kesetaraan ras, ia juga memerangi kemiskinan, baik di tanah Amerika maupun di luar negeri. Ia mendirikan “Kampanye Rakyat Miskin” pada tahun 1968 dan memperbaiki kekurangan sistem ekonomi untuk melestarikan yang miskin.

9. Jadilah diri sendiri
“Human salvation lies in the hands of the creatively maladjusted.”

“Keselamatan umat manusia ada di tangan orang-orang kreatif yang tidak bisa menyesuaikan diri.”

King percaya bahwa setiap individu spesial. Masing-masing berada disini untuk suatu tujuan dan tujuan utama bagi kita semua adalah untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Tidak peduli apa warnamu, apa agamamu, seperti apa rupamu, seperti apa suaramu, tidak peduli darimana asalmu. KAMU ada di sini.

10. Percaya
Martin Luther King, Jr adalah orang yang penuh iman. Dia dihormati oleh pria dan wanita beriman dari keyakinan yang berbeda daripadanya. Poin utamanya adalah bahwa ia percaya. Bukan hanya percaya, tapi ia rela mati untuk apa yang ia yakini.

“Faith is taking the first step even when you don’t see the whole staircase.”

“Keyakinan adalah mengambil langkah pertama ketika Anda tidak bisa melihat seluruh tangganya.”

Source: http://www.facebook.com/notes/us-embassy-jakarta-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar