Magma Tetap Mencair di Perut Bumi

Beautiful Day Blog | Magma Tetap Mencair di Perut Bumi | Pertanyaan berikut ini timbul saat menyaksikan acara televisi tentang gunung berapi.  Saat gunung meletus, salah satu akibatnya adalah keluarnya cairan lava yang berpijar yang temperaturnya sangat tinggi. Pertanyaannya, apa yang menyebabkan cairan lava/magma itu terus berpijar dengan suhu yang tinggi pada saat masih di dalam Bumi? Kalau bisa dianalogikan, magma itu serupa dengan logam yang cair pada suhu tinggi, dan menjadi keras pada suhu normal. Jika demikian, energi apa yang bisa membuat magma itu bisa selalu dalam bentuk cair pada saat di dalam Bumi selama jutaan tahun?

Bumi kita berbentuk bulat. Makin ke dalam tekanan dan suhu makin tinggi. Pada suhu yang tinggi itu material-material akan meleleh sehingga material di bagian dalam Bumi berbentuk cair. Suhu tinggi ini yang mempertahankan cairan akan terus berbentuk cair hingga jutaan tahun.

Ketika ada lubang keluar, cairan ini keluar berbentuk lava cair. Ketika lava mencapai permukaan Bumi, suhu menjadi lebih dingin (dari ribuan derajat menjadi hanya sekitar 30 derajat). Pada suhu ini cairan lava akan membeku membentuk batuan beku. 

Source: artikelpintar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar