Hot! Bergerak Maju Sendiri Padahal Menanjak

Beautiful Day Blog | Hot! Bergerak Maju Sendiri Padahal Menanjak | Di Korea, tepatnya di Je-ju Island, ada jalan yang dinamakan "Mysterious Road". Ada yang aneh di sana sebab setiap benda yang diletakkan di atas jalan itu bisa bergerak maju, padahal jalan itu menanjak. Mulai dari botol minuman kosong sampai bus pariwisata yang sarat penumpang, semuanya bisa menanjak meski mesinnya tidak dinyalakan. Membingungkan. Logikanya, tiap barang yang di letakkan di permukaan jalan yang menanjak akan meluncur turun, bukannya menanjak seperti di jalan itu, apalagi kalau benda itu berat bobotnya seperti bus.

Bagaimana fenomena tersebut bisa dijelaskan?  

Mudah-mudahan jawaban ini bisa mengurangi kebingunan yang terjadi. Jalan seperti yang diceritakan itu juga ada di daerah Arab. Itu ilusi mata saja. Jalan itu sebenarnya miring, tapi kemiringannya kecil sekali (sekitar 1o - 5o), sehingga tidak terlihat. Bila kita berdiri di suatu jalan yang kemiringannya lebih besar, baru jalan itu akan kelihatan naik atau menanjak.

Pada jalan yang cukup licin dengan kemiringan 5o mobil bisa dipercepat dengan 0,8 m/detik2. Artinya, tiap detik kecepatannya bertambah 2,9 km/jam. Ini cukup besar. Bayangkan, dalam 10 detik kecepatannya bisa mencapai 29 km/jam. Jadi, tidak heran kalau botol minuman dan bus pariwisata akan meluncur di "jalan misterius" itu, walaupun mesin tidak dinyalakan.
Sudah tidak bingung lagi 'kan?

Source: artikelpintar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar