Seekor Ikan Tuna Laku Dijual Rp3,5 Miliar

Beautiful Day Blog |  Seekor Ikan Tuna Laku Dijual Rp3,5 Miliar | Seekor tuna sirip biru raksasa di Jepang hari ini berpredikat sebagai ikan termahal di dunia. Melalui proses lelang di pasar Tsukiji, Tokyo, ikan itu laku dijual seharga 32,49 juta yen, atau sekitar Rp3,5 miliar.

Hasil lelang ikan seberat 342 kilogram ini berhasil mengalahkan sesama tuna sirip biru seberat 202 kilogram, yang dijual seharga 20,2 juta yen pada 2001 di tempat yang sama.

“Ikan ini memang besar sekali. Kami sangat terkejut dengan harga penjualan ini,” ujar juru bicara pasar ikan Tsukiji seperti dilansir kantor berita Associated Press, Rabu 5 Januari 2011.

Ikan ini dibeli secara patungan oleh perwakilan dua restoran sushi terkemuka, yaitu rumah makan Kyubey di Tokyo dan Itame di Hong Kong. Mereka lalu membagi dua ikan besar itu untuk disajikan kepada para pelanggan masing-masing.

Ikan itu ditangkap di perairan utara Jepang. Tuna ini adalah salah satu dari 538 ikan yang dikumpulkan dari seluruh dunia dan dijual di pasar Tsukiji.

Tuna sirip biru merupakan favorit para pencinta sushi sehingga berharga mahal. Sepotong sushi tuna sirip biru, atau disebut o-toro, bisa dijual seharga 2.000 yen atau sekitar Rp219.000.

Rakyat Jepang menggemari makanan dari daging ikan. Mereka mengkonsumsi 80 persen dari keseluruhan tangkapan tuna sirip biru di Samudera Atlantik dan Pasifik. Popularitas ikan ini membuat jumlah mereka di lautan semakin berkurang.

Demi mencegah langkanya spesies ikan itu, Komisi Internasional Tuna di Mediterania dan Atlantik pada November 2010 menurunkan angka kuota penangkapan tuna, dari 13.500 menjadi 12.900 metric ton. Bagi kalangan nelayan, kebijakan ini merugikan mereka karena bisa mengurangi keuntungan.


Source: forum.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar