Hang Song Dong, Gua Terbesar di Dunia !

Beautiful Day Blog | Hang Song Dong, Gua Terbesar di Dunia ! |  Sebuah gua di dalam Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang, Vietnam digadang-gadang sebagai gua terbesar di dunia. Betapa tidak, lebar rongganya mencapai 150 meter dan tingginya 200 meter.

"Gua tersebut panjangnya 6,5 kilometer saat ini namun ujung rongganya masih berlanjut dengan dinding kalsit setinggi 45 meter yang menghentikan langkah kami," ujar Adam Spillane, salah satu anggota tim ekspedisi dari Inggris yang menelusuri gua tersebut.

Gua yang diberi nama Hang Son Doong atau berarti gua sungai pegunungan itu ditemukan pertama kali oleh penjaga hutan bernama Ho Khanh tahun 1991. Namun tak seorang pun yang pernah menelusurinya karena besarnya serta tekanan angin yang tinggi karena adanya sungai bawah tanah yang sangat besar.

Sebanyak 13 orang gabungan penjelajah dari Universitas Sains Vietnam dengan penjelajah Inggris akhirnya menggelar Caving Expedition 2009 masuk ke dalam gua. Mereka menghabiskan waktu lima hari pada pertengahan April lalu untuk menyurvei jalur gua.

Dengan membawa alat ukur berbasis laser LaserAce 300, tim dapat mengukur tinggi langit-langit dan lebar rongga di sepanjang perjalanan dengan harapan dapat membuat petanya. Saat ini datanya masih dianalisis.

Namun, hasil laporan awal menunjukkan besar rongga utamanya mencapai dua kali lipat rekor gua terbesar saat ini.

Jadi, Hang Son Doong mungkin gua terbesar yang ada di dunia saat ini.
 

 
 
Source: forum.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar