Bahaya Handphone Saat Hujan Petir

Beautiful Day Blog | Bahaya Handphone Saat Hujan Petir | Kemajuan teknologi dari tahun ke tahun sangatlah pesat. Hal ini sudah mewabah kepada semua kalangan,khususnya di Indonesia.
Tidak hanya dirasakan oleh kalangan atas saja, melainkan sudah dirasakan pula oleh kalangan- kalangan kecil. Sebut saja salah satu alat komunikasi modern yang dominan dipakai masyarakat banyak saat ini adalah Handphone.

Sepertinya, benda yang menjadi alat komunikasi ini sudah menjadi konsumsi publik yang menjadikannya sebagai kebutuhan primer di jaman sekarang. Tak heran, kalau alat ini sudah tidak hanya menjamah para kalangan menengah ke atas saja, melainkan banyak kalangan bawah, muda ataupun tua, laki-laki, perempuan, tidak lagi hanya sekedar mengenal nama, melainkan kini sudah menjadikan alat komunikasi tersebut sebagai salah satu barang yang biasa dibawa kemana-mana setiap hari.


Pada saat ini jumlah pengguna telepon seluler telah mencapai kurang lebih 96.410.000, teledensitas 36,39 % dengan tingkat prosentase pertumbuhan pelanggan telepon seluler mencapai 28,26 % pertahun. Sungguh angka yang fantastis.
Nah, bagi kita yang selama ini kerap menggunakan handphone, apalagi menggunakannya di lapangan atau alam terbuka seperti hutan maupun pegunungan, apalagi saat hujan, maka saya sedikit mengingatkan, bahwa menggunakan telepon genggam atau dengan kata lain Handphone pada saat Hujan deras, ternyata akan memicu adanya petir yang menyambar handphone kita. Dan tentunya akan menyambar tubuh kita juga bukan?
Kenapa?

Karena Handphone memancarkan energi elektomagnet yang menarik energi lainnya seperti listrik untuk mendekat. Sehingga bila kita menggunakan Handphone waktu hujan maka besar kemungkinan kita bisa tersambar oleh guntur yang bertegangan sangat tinggi itu. Selain itu bila dalam kondisi hujan. Jangan pernah berteduh..di bawah pohon yang sangat tinggi sambil membawa Handphone.
Mengapa?

Karena selain ada energi elektromagnet dari Handphone, ternyata petir juga selalu mengincar sesuatu benda yang tinggi, seperti pohon contohnya. Usahakan untuk berteduh di tempat yang rendah.
Hal itu bisa saja terjadi karena handphone/terdiri dari komponen yang mengandung logam, dan logam tersebut berhubungan langsung dengan tubuh si pengguna.

Itulah mengapa beberapa produsen ponsel bahkan harus menyertakan peringatan kepada konsumennya melalui kemasan produk yang mereka pasarkan. Jika tersambar petir tanpa memegang handphone, maka listrik akan melewati seluruh tubuh, namun bila tersambar petir ketika memegang HP, maka listrik akan terpusat dan berdampak menimbulkan cedera yang lebih parah, Selain itu mengantongi ponsel saat hujan badai disertai petir juga dapat menyebabkan tersambar petir.

Maka dari itu, mulai saat ini berhati-hatilah menelepon saat hujan terutama hujan disertai petir.
Sepertinya tips ini sangat cocok untuk anda para pengguna hanndphone yang kadang selalu melupakan kondisi, sepertihalnya anda yang memaksakan diri menggunakan handphone pada saat hujan dengan alasan mepet dan penting, tanpa mau peduli bahwa hal itu justru akan membahayakan diri kita sendiri.

Maka dari sekarang, mari kita berhati-hati menggunakan handphone pada saat hujan apalagi yang disertai dengan petir.
Betapa pentingnya keperluan kita tapi jika keselamatan bahkan nyawa taruhannya, apakah kita masih keberatan???

Source: ubulisme.co.tv

1 komentar: