Optimisasi Artikel Tingkatkan Traffic

Seorang blogger atau webmaster pada umumnya seringkali memilih untuk membuat sebanyak mungkin artikel dengan tema yang sama dengan harapan akan mendapatkan kemungkinan yang lebih besar untuk berada pada posisi puncak hasil pencarian pada search engine. Banyaknya artikel dengan tema yang sama justru memperkecil kemungkinan setiap artikel untuk mendapatkan SERP yang maksimal.

Kualitas traffic dan artikel
Website dengan rank kunjungan yang tinggi (Biasanya diukur dengan Alexa) belum tentu memiliki kualitas traffic yang baik. Kualitas Traffic yang baik bisa dilihat dari persentase kunjungan yang berasal dari search engine, apalagi untuk website bisnis. Di sinilah perlunya penerapan Strategi SEO dengan tepat.

Di sisi lain, search engine mensyaratkan sebuah konten yang unik, namun bukan berarti seseorang tidak dapat menulis sebuah tema yang sudah ditulis oleh orang lain atau pernah ditulis sebelumnya. Sebuah kata kunci semisal “Strategi SEO” bisa saja dijadikan tema untuk menulis banyak artikel, namun setiap artikel sebaiknya menjelaskan hal yang lebih detil dan spesifik agar keunikan setiap artikel tetap terjaga.

Sebuah artikel website juga akan lebih diperhatikan oleh search engine apabila memiliki relevansi yang tepat antara kata kunci (Keywords) dengan isi artikel. Bounce Rate yang tinggi menandakan bahwa pengunjung website yang berasal dari search engine merasa tidak puas atas relevansi artikel dengan kata kunci yang mereka gunakan,

Optimisasi Artikel untuk meningkatkan Traffic berkualitas
Melakukan optimisasi artikel lama adalah salah satu strategi untuk meningkatkan traffic yang berkualitas, maka sebaiknya jangan abaikan artikel lama Anda, kecuali blog Anda memang menyajikan informasi yang bersifat aktual seperti website berita. Strategi SEO ini lebih ditujukan untuk artikel yang tak mengenal batas waktu (Daluwarsa) seperti misal artikel yang berisi tutorial.

Langkah-langkah optimisasi artikel

Berikut dijelaskan hal-hal yang perlu dilakukan:

1. Menentukan artikel yang tepat
Gunakan bantuan statistik website seperti Google Webmaster tool atau Google Analytics untuk mendapatkan data kunjungan melalui search engine. Lakukan analisa terhadap statistik tersebut dan cari artikel mana yang banyak mendapatkan kunjungan dari search engine dan perhatikan setiap kata kunci yang digunakan. Utamakan artikel yang memiliki relevansi paling sedikit antara kata kunci yang digunakan dan isi artikel tersebut.

2. Menerapkan Strategi SEO Anda
Terapkan Strategi SEO terbaik Anda pada artikel tersebut, ubah dan tambahkan hal-hal yang belum disajikan pada artikel untuk meningkatkan relevansi kata kunci dan isi. Tambahkan kata kunci baru pada meta-tag untuk menyesuaikan dengan perubahan isi artikel. Agar keterkaitan setiap artikel bertema sama dapat terlihat jelas oleh search engine maka perlu pula ditambahkan daftar artikel yang berkaitan (Related Post) pada artikel Anda. Pengguna wordpress dapat menggunakan “YARPP Related Post Plugin” dalam hal ini.

3. Menambahkan informasi perubahan pada website
Tambahkan daftar link ke artikel-artikel tersebut pada tempat yang mudah dibaca pengunjung. Apabila Anda menggunakan WordPress, maka Anda bisa menggunakan plugin “Recently Updated Post”.

4. Menempatkan Artikel Unggulan di Halaman Depan
Artikel tertentu yang memiliki traffic tinggi ada baiknya untuk ditempatkan pada halaman pertama blog. Pengguna WordPress 2.7+ dapat memanfaatkan fitur “Sticky” dimana post yang ditandai sebagai sticky post akan selalu dimunculkan pada halaman pertama blog.

Click to Suscribe my post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar